Rabu, 27 Maret 2013

SUKU SASAK DI DAERAH BAGIAN NUSA TENGGARA BARAT

Bercerita sedikit mengenai keragaman masyarakat di Indonesia yang terisi oleh bersuku-suku dan budaya. salah satunya adalah suku sasak. mereka tinggal di desa sasak, Sade, Rembitan  Nusa Tenggara Barat (NTB). nah beruntung saya sendiri pernah berkunjung ke tmpat mereka, pulau LOMBOK tepatnya.

Masyarakat asli disana menggunakan bahasa sasak sebagai bahasa sehari-hari, walaupun ada perbedaan logat setiap kabupatenya, namun tak jauh berbeda. yang unik langi ketika berkunjung di desa sasak, disana benar-benar terasa budaya yang sebenarnya. Karena rumah-rumah yang mereka singgahi masih berbentuk rumah adat, yang atapnya menggunakan ilalang berlapis-lapis, dindingnya menggunakan banbu dianyam atau papan, lalu lantainya masih mengguanakan tanah meski sebagian sudah diplester.
kegiatan sehari-hari mereka adalah menjajakan produk lokal khas lombok dari kain songket buatan sendiri sampai aksesoris bertuliskan lombok.

Nah masih ada satu yang terlupakan mengenai tradisi yang kontroversial kalo di lihat dari tradisi islam. karena dalam islam suci itu adalah ketika terhindar dari barang najis. berbanding terbalik dengan tradisi disini karena cara mereka mensucikan rumah  mereka adalah menggunakan kotoran kerbau. kotoran kerbau ini mereka anggap dapat mensucikan kotoran-kotoran didalamnya.
ya sedikit aneh sih, mengapa saya bilang demikian? itu karena pulau lombok ini memiliki julukan "pulau seribu masjid" tapi ternyata keunukan budaya masyarakat aslinya masih bisa dijaga dan dilestarikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar