Jumat, 29 Maret 2013

Phobia

Istilah phobia sudah dikenal sejak lama hingga sekarang pun masih banyak orang yang terjangkit sindrom ini. Phobia sendiri merupakan sebuah rasa ketakutan yang berlebihan kepada suatu hal baik berupa benda maupun keadaan tertentu. asal kata phobia bukan di duplikat dari bahasa inggris namun merupakan istilah yang berasal dari bahasa yunani "phpbos" yang artinya takut/rasa takut, ada pula yang mengartikan berlari (fight).

Ada banyak jenis gangguan phobia, dari yang paling ringan, aneh, konyol sampai yang berakibat fatal bagi penderitanya. Biasanya orang yang menderita rasa ketakutan berlebih dikarenakan faktor traumatik dimasa kecil yang memorinya masih membekas hingga susah untuk dihilangkan.
Walaupun ada ratusan macam phobia tetapi pada dasarnya phobia-phobia tersebut merupakan bagian dari 3 jenis phobia, yang menurut buku DSM-IV (Diagnostic and Statistical Manual for Mental Disorder IV) ketiga jenis phobia itu adalah:

1. Phobia sederhana atau spesifik (Phobia terhadap suatu obyek/keadaan tertentu) seperti pada binatang, tempat tertutup, ketinggian, dan lain lain.

2. Phobia sosial (Phobia terhadap pemaparan situasi sosial) seperti takut jadi pusat perhatian, orang seperti ini senang menghindari tempat-tempat ramai.

3. Phobia kompleks (Phobia terhadap tempat atau situasi ramai dan terbuka misalnya di kendaraan umum/mall) orang seperti ini bisa saja takut keluar rumah

Jangan di sepelekan penderita phobia ini tidak hanya teori, namun benar-benar ada di sekitar kita. kadang kala ada teman yang takut pada hal sepele justru dikerjain habis-habisa karena ketakutanya itu pada hal sepele yang pada kebanyakan orang itu tidak bermasalah.

Untuk lebih lanjut dapat di baca di beberapa literatur berikut :
http://catatanmingguanku.blogspot.com/2012/02/pengertian-macam-dan-cara-mengatasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar