Rabu, 22 Mei 2013

Mengasah Kreatifitas Anak dengan Barmain

Belajar bermimpi itu sudah dimulai sejak masih kecil. tanpa diajari dan diminta pun setiap anak sudah memiliki keinginan yang berbeda. Memimpikan jadi desainer itu hal yang wajar ketika masih anak-anak. Lihat dan perhatikan saja permainan yang akrab mereka mainkan dahulu. salah satu contohnya adalah permainan anak perempuan ini, yaitu dengan merangkai baju-bajuan yang ingin mereka kenakan disetiap aktifitasnya. Mereka diajak untuk mengkreasikan itu. memasangkan yang sekiranya cocok untuk dikenakan oleh siapa dan dimana tempat tujuannya.

Permainan ini siapa yang tidak mengenalnya sih, sangat akrab ketida dulu masa tahun 90-an, hampir setiap anak perempuan memiliki banyak koleksi, permainan yang sederhana serta menyelipkan pendidikan didalamnya. Bagi yang tidak tahu mungkin saja mereka yang kurang menikmati proses masa kecilnya untuk bermain.


Baju-bajuan sering dikenal dengan BP-BPan. Jenis mainan ini sangat berperan aktif terhadap perkembangan anak, karena menghidupkan daya kreatifitas mereka. Bukan hanya bermain dan berkreatifitas, namun juga mengajak mereka untuk berimajinasi, dan berakting.

Sedikit cerita, dulu pada masa saya kecil mainan ini sangat digemari terutama bagi anak perempuan. Koleksi mainannyapun sampai seabreg, hingga beberapa fersi saya punya. Bermain bareng teman kadang bermain sendiri untuk melakukan banyak lakon. belajar jadi sutradara lah, bisa memainkan lakon sesuka hatinya, kalo nggak ya jadi dalang lah.

Itu dulu gambaran ketika saya masih kanak-kanak. Entah bagaimana untuk anak-anak zaman sekarang, zaman yang serba menggunakan kecanggihan dan zaman yang serba instan. Masih kah ada budaya bermain manual secara bersama seperti itu  ataukah sudah lenyap dan tidak mengenalnya sama sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar