Rabu, 29 Mei 2013

Dengan secuil kertas aku belajar

Cerita ini saya dapati ketika seorang guru menceritakan sebuah kisah yang amat mengejutkan ketika ada seorang siswa membuang sampah lewat cendela. saat itu si guru sedang menerangkan didepan kelas, dan si anak yang satu ini duduk dibagian belakang sebelah cendela. dia terlihat sedang mencatat kemudian membolak-balik kertasnya lalu menyobeknya dan melemparkannya dari cendela. sang Guru melihat namun tak langsung menegurnya, hanya saja kemudaia ia menceritakan betapa sulitnya menjadi seorang cleaning service sering disingkat dengan sebutan CS, harus membersihkan semuanya dari lantai satu hingga lantai empat, kebetulan kelas ini tepat dilantai empat bagian pojok, bahkan membersihlan bagian celah-celah kecil bawak cendela. 

ketika seorang CS (Cleaning Service) ini sedang membersihkan bagian yang ekstrim ini yaitu pojok gedung lantai empat di pinggir jendela. Ia mempertaruhkan nyawanya demi menjalankan kewajiban. Mentertibkan tatanan dan kerapian setiap tempat. Sehingga seolah-olah slogan jagalah kebersihan itu hanya berlaku bagi seorang CS, padahal itu adalah kewajiban setiap penghuni sekolahan. Jangan mentang-mentang ada CSnya kemudian seenaknya saja membuang sampak. Tidakkah perbuatan itu merupakan salah satu perbuatan yang melanggar atau bisa dikatakan dzolim. (dzolim adalah perbuatan yang tak disukaia oleh Tuhan, karena perbuatan ini akan merugikan salah satu pihak). 
sang bapak Guru  melanjutkan ceritanya. entah anak ini tersindir atau tidak intinya dia bukan bertujuan untuk menyindir namun untuk memperingatkan dengan cara halus agan semua anak didalam kelas mengerti dan tidak melakukan tindakan yang sama. 

Sejak saat itu sang anak ini tak- lagi-lagi membuang sampah sembarangan karena dia tau betapa beratnya pekerjaan yang dilimpahkan kepada CS, selain itu Menjaga kebersihan juga merupakan sebagian dari iman. bilamana sebagian kecil ini dilanggar, tek sempurna pula iman dalam dirinya. 

Dan dari secuil kertas ini lah kami belajar menghargai, dan belajar menghormati betapa pentingnya menjaga linngkungan. Secuil kertas bila setiap orang bembuangnya sembarangan, bakal menjadikan sampah yang menumpuk hingga berakibat bencana salah satunya adalah banjir. itu lah sebabnya mengapa kita harus terus menjaga kebersihan dilingkungan. 

Kemudian lihatlah dibalik cendela, hitung berapa pohon yang sempat kau pandang bahkan ada juga yang tak menjumpai pohon disekelilingnya. itu lah mengapa gunakan kertasmu semaksimal mungkin. Kurangi membuang kertas mengurangi pula memproduksi kertas. Karena kertas itu salah satu bahan baku utamanya dalah berasal dari kayu dan pohon-pohon ini menunggu waktu lama untuk tumbung. semakin banyak ditebang semakin tandus pula tanah kita. Ketika sudah tandus akan mengakibatkan longsor. Nah bencana lagi.

Nah itu lah sebabnya mengapa Hijau itu indah. Karena hijau dapat mengurangi bencana alam dan memperlambat penuaan bumi.

selanjutnya tetap tegakkan kecintaan kalian kepada bumi, sayang salah satunya untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat. oke "" salam goGreen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar